PENGENDALIAN UMUM & PENGENDALIAN APLIKASI



PENGENDALIAN UMUM
Unsur pengendalian ini meliputi organisasi, prosedur dan standar untuk perubahan program, pengembangan system dan pengoprasian fasilitas pengolahan data
1.      Organisasi
Dalam manual system, pengendalian dilaksanakan dengan memisahkan fungsi-fungsi pokok: operasi, penyimpanan, dan akuntansi. Suatu transaksi akan dilaksanakan olehfingsi operasi jika ada otorisasi yang berwenang, hasil transaksi akan disimpan oleh fungsi penyimpanan, dan transaksi yang terjadi akan dicatat oleh fungsi akuntansi. Otorisasi pembelian persediaan dipegang oleh kepala fungsi pembelian, dan penyimpanan persediaa yang dibeli dilakuka oleh kepala gudang, sedangkan pencatatan transaksi pembelian persediaa dilakukan oleh fungsi akuntansi.
Untuk menciptaka pengendalian intern alam lingkungan pengolahan data elektronik, yang fungsi otorisasi dan fungsi akuntansinya dimasukan dalam program computer, perlu diadakan pemisahan fungsi-fungsi berikut ini:
a.       Fungsi perancangan system dan penyusunan program
b.      Fungsi operasi fasilitas pengolahan data
c.       Fungsi penyimpanan dan kepustakaan
Pemisahan ketiga fungsi tersebut harus dilakukan dalam lingkungan pengolahan data elektronik karena :
a.       Penilaian ini akan menciptakan pengecekan silang terhadap ketelitian dan kepantasan perubahan yang dimasukan dalam system
b.      Pemisahan ini dapat mencegah karyawan operator computer melakukan perubahan terhadap program tanpa ijin dan tanpa pengujian sebelumnya
c.       Pemisahaan ini dapat mencegah akses terhadap computer oleh bukan karyawan operator dan orang lain yang tahu mengenai system.
d.      Pemisahan ini akan mendorong efisiensi karena tiap fungsi memerlukan kemampuan, latihan, dan keahlian yang berbeda dalam melaksanakan kegiatannya.
2.      Pengendalian Terhadap Sistem dan Program
Dalam lingkungan elektronik, fungsi perancangan system dan program harus terpisah dari fungsi operasi fasilitas pengolahan data. Pengendalian umum yang bersangkutan dengan fungsi pembagian system dan program meliputi :
a.       Prosedur penelaahan dan pengesahan system baru
b.      Prosedur pengujian program
c.       Prosedur pengubahan program
d.      Dokumentasi
3.      Pengendalian terhadap Fasilitas Pengolahan Data
Fasilitas pengolahan data meliputi empat bidang utama yaitu : operasi konversi, opersi computer, perpustakaan, dan pengendalian.
Unit organisasi khusu yang dibentuk sebgai pengawas ekstern bagi Depoartemen Pengolahan Data Elektronik mempunyai tugas berikut ini :
a.       Mengadakan pembandingan keluaran Departemen Pengolahan Data Elektronik dengan yang direncanjakan untuk mendeteksi adanya unsur-unsur yang tidak biasa dan mengusulkan tindakan koreksi.
b.      Melakukan pengambilan sampel secara sistematik terhadap keluaran Departemen Pengolahan Data Elektronik untuk menentukan apakah system yang digunakan berfungsi sebagaimana yang dirancang.
c.       Menangani pertanyaan, permintaan, dan kritik dari pemakai mengenai keluaran Departemen Pengolahan bData Elektronik, sebagai umpa balik bagi perancang system dan pembuat program

PENGENDALIAN APLIKASI
Pengendalian aplikasi mempunyai tujuan berikut ini :
a.       Menjamin bahwa semua transaksi yang telah diotorisasi telah diproses sekali saja secara lengkap.
b.      Menjamin bahwa data transaksi lengkap dan teliti.
c.       Menjamin bahwa pengolahan data transaksi benar dan sesuai dengan keadaan.
d.      Menjamin bahwa hasil pengolahan data dimanfaatkan untuk tujuan yang telah ditetapkan.
e.       Menjamin bahwa aplikasi dapat terus menerus berfungsi.
Jenis pengendalian aplikasi dapat dibedakan sebagai berikut :
1.      Pengendalian Preventif
Pengendalian preventif bertindak sebagai petunjuk untuk membantu sesuatu terjadi seperti seharusnya terjadi. Pengendalian preventif memiliki unsur-unsur berikut :
a.       Otoritas  data dan sumber
b.      Konversi data
c.       Penyiapan data sumber
d.      Turnaround documents
e.       Formulir bernomor urut tercetak
f.       Validasi masukan
g.      Pemutakhiran  arsip dengan computer
h.      Pengendalian terhadap pengolahan data
2.      Pengendalian Detektif
Pengendalian detektif tidak akan mencegab terjadinya masalah, namun akan memberi petunjuk di mana letak terjadinya masalah. Ketelitian penyusunan program dapat terjamin jika diadakan dokumentasi program yang memadai dan pengujian program secara ekstensif. Output check dari prosedur dan teknik pengendalian berikut ini yaitu :
a.       Rekonsiliasi dan keluaran.
b.      Review terhadap data keluaran mengenai kewajaran dan formatnya
c.       Pengendalian terhadap data masukan yang ditolak oleh computer dalam pengolahan data, dan pendistribusian data yang ditolak tersebut kepada karyawan yang bersangkutan

d.      Pendistribusian laporan yang dikeluarkan oleh computer kepada departemen pemakai pada waktu yang tepat.



Sumber : Mulyadi. Sistem Akuntansi. Edisi ke 3. Salemba Empat. Jakarta, 2001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FRAUD TREE

EVOLUSI TEORI FRAUD