E-COMMERCE : BUKALAPAK.COM


Di era modern ini perkembangan teknologi sangatlah cepat. Hampir semua kegiatan melibatkan peran teknologi. Salah satunya yaitu E-Commerce. E-Commerce merupakan kegiatan jual beli online yang dapat memudahkan kita berbelanja atau menjual barang dengan cepat dan efisien sehingga menghemat waktu. Salah satu situs jual beli online yang terkenal di indonesia adalah Bukalapak.com. Bukalapak.com menyediakan berbagai macam produk yang sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan, saya juga sempat membeli barang disini dan hasilnya memuaskan. Prosesnya mudah dan tidak rumit, orang yang belum pernah membeli online pun tidak akan merasa kebingungan. Untuk transaksi pembelian juga tidak diharuskan mempunyai akun terlebih dahulu. Selain itu Bukalapak juga menyediakan Customer Service yang melayani segala keluhan dan pertanyaan pelanggan. Berikut akan saya ulas mengenai mekanisme pembelian di Bukalapak.com

1. Bukalah situs Bukalapak.com dan cari barang. Maka akan muncul laman sebagai berikut

Carilah barang yang anda inginkan dengan memasukan nama barang dalam kolom "cari barang". Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar  dapat lebih unggul dari yang lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun posisi pencarian di mesin pencari google  lebih unggul Penjual yang telah membuka toko di perusahaan ini. Setelah menemukan barang yang dicari, tampilannya seperti di bawah ini


Setelah anda yakin akan barang tersebut, pilih beli lalu anda akan diarahkan ke proses pengisian data.


2. Pembayaran
Setelah data terisi lengkap, proses transaksi akan dilanjutkan pada pemilihan metode pembayaran. silahkan anda pilih metode yang anda inginkan. Berikut contoh metode pembayaran melalui transfer

Di Bukalapak.com ini metode pembayaran dilakukan dalam beberapa pilihan yaitu
  •          BukaDompet, 
  •          Mandiri ClickPay, 
  •          BCA KlikPay, 
  •          CIMB Clicks, 
  •          Rekening ponsel CIMB Niaga, 
  •          Kartu Kredit VISA/MasterCard, 
  •          Indomaret, Mandiri E-cash,
  •          Transfer lewat bank maupun lewat ATM.



Kemudian cek email yang sudah dimasukan dan akan menerima konfirmasi pembayaran sebagai berikut





Perlu diketahui bahwa nominal 3 digit di akhir merupakan kode unik pembayaran untuk mempercepat proses konfirmasi. Jika sudah ada email seperti diatas, juga sudah melakukan pembayaran. Silahkan klik dibagian bawah yang bertuliskanKonfirmasi Pembayaran. Dan selanjutnya anda

akan diarahkan menuju halaman konfirmasi pembayaran. Lihat pada gambar di bawah ini

                       

Kemudian klik tombol konfirmasi lalu akan muncul popup


Setelah selesai konfirmasi, tunggu balasan email dari bukalapak yang menginfokan bahwa bukalapak telah menerima pembayaran yang Anda lakukan.


Jika sudah menerima email tersebut, silahkan Anda menunggu pengiriman barang yang dilakukan oleh Seller. Jika barang sudah diterima, maka selanjutnya Anda bisa konfirmasi penerimaan barang melalui halaman Detil Transaksi yang ada di email Anda. Jika sudah, selanjutnya lakukan konfirmasi penerimaan barang dan berikanlah feedback buat Seller.


3. Transaksi selesai


Yang lebih membuat transaksi terpercaya pada Bukalapak.com adalah Bukalapak akan mengembalikan 100% uang pembeli ke saldo BukaDompet jika pelapak tidak mengirim barang (4x24 jam untuk biaya pengiriman reguler atau 2x24 jam untuk biaya pengiriman kilat) setelah pembayaran. Pembeli dapat melakukan pencairan uang di halaman BukaDompet.

Pengamanan ada sistem ini yaitu menggunakan
1.       Secure Socket Layer (SSL)
SSL adalah protokol client-server, yang dalam hal ini web browser adalah client  dan website  adalah  server.  Client  yang memulai  komunikasi,  sedangkan server  memberi  respon  terhadap  permintaan  client.
SSL Memiliki dua buah sub protokol yang berjalan saat SSL dijalankan pada web browser, yaitu:
a.       SSL handshaking, yaitu sub-protokol untuk membangun koneksi (kanal) yang aman untuk berkomunikasi (Gambar II-6). Sampai di sini, proses pembentukan kanal yang aman sudah selesai. Bila sub-protokol  ini sudah terbentuk,  maka http:// pada URL berubah menjadi https://  (http secure).
b.      SSL record, yaitu sub-protokol yang menggunakan kanal yang sudah aman. SSL Record membungkus seluruh data yang dikirim selama koneksi.
2.       Untuk mengidentifikasi keamanan pada data yang ditampilkan dan disimpan pada system Paypal melalui internet ini, maka Agoda menggunakan system MD5. Dalam kriptografi, MD5 (Message-Digest algortihm 5) adalah fungsi hash kriptografik  yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. MD5 telah dimanfaatkan  secara bermacam-macam  pada aplikasi  keamanan  dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file. Hash-hash MD5 sepanjang 128-bit (16-byte),  yang dikenal juga sebagai ringkasan pesan, secara tipikal ditampilkan dalam bilangan heksadesimal 32 digit. Dienkripsi  melalui  MD5,  hasilnya  akan  mengeluarkan  serangkaian  huruf  dan angka hasil enkripsi dengan panjang 32 karakter.

Nah untuk keamanannya  sendiri Bukalapak.com telah memberikan panduan sebagai berikut :

1.   Ketika ingin mengakses www.bukalapak.com, periksa boks alamat (address bar). Pastikan alamat yang Anda akses menggunakan domain Bukalapak.com dan diawali https://, seperti https://www.bukalapak.com, https://m.bukalapak.com, https://panduan.bukalapak.com, dan https://komunitas.bukalapak.com. Jika situs yang Anda akses menyerupai halaman Bukalapak namun memiliki alamat berbeda, segera tutup halaman tersebut.
2.      Anda diminta untuk bersikap waspada terhadap tautan eksternal yang diberikan via pesan pribadi atau private message (PM). Untuk semua tautan yang berada di luar sistem https://www.bukalapak.com, sistem akan langsung mengarahkan ke halaman peringatan terlebih dulu. Dengan mengakses tautan di luar sistem https://www.bukalapak.com, Bukalapak tidak bisa menjamin keamanan transaksi Anda.
3.   Sistem Bukalapak hanya meminta para pengguna untuk memasukkan nama akun dan kata sandi (username and password) ketika login, pencairan dana, perubahan data rekening, dan transaksi via BukaDompet. Selain keempat aktivitas tersebut, Anda bisa menggunakan segala fitur Bukalapak tanpa memerlukan username dan password.
4.    Administrator Bukalapak tidak pernah meminta data pribadi, nama akun (username) beserta kata sandi (password) melalui surel (e-mail) ataupun pesan pribadi (PM/private message).
5.   Seluruh surel (e-mail) resmi dari Bukalapak menggunakan domain “@bukalapak.com”, misalnya zaky@bukalapak.com. Jika ada akun lain yang mengatasnamakan pihak Bukalapak, namun menggunakan domain selain “@bukalapak.com”, misal admin@bukalapak1.com, mohon abaikan.
6.   Seluruh info tentang acara atau promosi resmi dari Bukalapak akan dipublikasikan melalui media resmi Bukalapak, seperti blog, media sosial (akun resmi Facebook, Twitter, dan Google+), dan rilis pers. Jangan mudah tergiur dengan tawaran atau hadiah apa pun dari pihak lain yang mengatasnamakan Bukalapak. Apabila Anda tidak dapat menemukan informasi mengenai tawaran tersebut di media resmi Bukalapak, mohon abaikan.
7.  Lakukan transaksi di Bukalapak.com hanya melalui Bukalapak payment system. Jika transaksi dilakukan di luar Bukalapak.com seperti mentransfer uang langsung ke pelapak, maka Bukalapak.com tidak bertanggung jawab atas permasalahan transaksi yang terjadi.
8.      Abaikan jika menerima telepon ancaman yang mengaku dari bea cukai, petugas bandara, perpajakan, kepolisian, bahkan yang mengatasnamakan Bukalapak dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang. Bukalapak tidak pernah meminta biaya tambahan di luar tagihan yang tertera dalam transaksi.


9.   Panduan keamanan ini bersifat imbauan resmi dan bukan jaminan bahwa Anda akan terbebas dari segala tindak kejahatan daring (online). Namun, dengan memahami imbauan ini, Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman di Bukalapak.com.


Sumber : https://www.bukalapak.com/security_guide
                https://panduan.bukalapak.com/buyer/4
                https://komunitas.bukalapak.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FRAUD TREE

EVOLUSI TEORI FRAUD